TEMA DALAM SETAHUN UNTUK PAUD & TK

disini akan aq tuliskan tema yang aq gunakan dalam setahun kegiatan belajar mengajar di PAUD pada bidang pengembangan usia TK…

SEMESTER 1

  1. Diri Sendiri (3minggu). Sub tema : identitasku, anggota tubuh, panca indra
  2. Lingkunganku (4minggu). Sub tema : rumahku, bagian rumahku, sekolahku
  3. Kebutuhanku (4minggu). Sub tema : makanan/minuman,pakaian, kebersihan
  4. Binatang (3minggu). Sub tema : jenis binatang, cara hidup binatang, ciri binatang
  5. Tanaman (3minggu). Sub tema : macam tanaman, cara menanam dan merawat tanaman, bagian tanaman

SEMESTER 2

  1. Rekreasi (4minggu). Sub-tema : kendaraan di darat, kendaraan di udara, kendaraan di laut
  2. Pekerjaan (3minggu). Sub tema : pekerjaan orang tuaku, pekerjaan di lingkungan rumahku, pekerjaan di kotaku
  3. Air Udara Api (2minggu). Sub tema : air, udara dan api
  4. Alat Komunikasi (2minggu). Sub tema : alat komunikasi elektronik, alat komunikasi non elektronik
  5. Tanah Air (2minggu). Sub tema : kota tempat tinggaku, makanan khas kotaku
  6. Alam Semesta (3minggu). Sub tema : benda langit, musim di Indonesia, gejala alam

demikian sedikit gambaran yang bza aq sampaikan.

adapun pengembangan / perluasannya bisa dituangkan dalam aktivitas yang dilakukan dalam setiap harinya.

 

TIPS :

cara yang paling mudah agar kita tidak kebingungan membuat kegiatan setiap harinya di sekolah, lakukan langkah2 berikut :

1. dari tema yang ada qta bisa menentukan sub-tema. sub-tema ini biasax aquw buat berbeda setiap minggu.

2. berbekal dari indikator yang ada, mulai tentukan program kerja tahunan.biasanya disediakan 2bendel form, untuk semester I dan semester II. bisa juga diisi setiap sebelum semester baru dimulai.

3. mengerjakan program semester. kali ini biasanya aquw memberikan tanda2 cawang pada setiap indikator yang akan diambil sesuai dengan tema dan akan ditempatkan pada minggu ke-berapa pada form sudah tersedia. dilakukan setiap semester. sebelum semester baru dimulai, harus sudah terprogram

4. mengerjakan Rencana Kegiatan Mingguan (RKM/SKM). naaaah, hal ini semakin mempermudah kita untuk mengetahui atau menentukan kegiatan2 yang nantinya akan dilakukan. agar tidak lagi bersusah2 untuk mencari bahan karena waktu mepet atau kelupaan. RKM yang biasa digunakan adalah berbentuk spider web. tetapi sebenarnya tidak hanya itu saja bentuknya. kalau aq menggunakan bentuk kolom-kolom dan diberi kegiatan sesuai dengan bidang pengembangan dan haripenyampaian materi.

5. membuat Rencana Kegiatan Harian (RKH/SKH). menurut aq, mempersiapkan RKH ini akan sangat mudah apabila kita sudah mengerjakan step-step sebelumnya. hanya tinggal menyalin saja, dan dipersiapkan dengan sungguh-sungguhmateri yang akan disampaikan setiap harinya. untuk indikator dan kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya, bisa dibuat lebih dahulu. hanya untuk evalusi yang harus diisi sesuai dengan kondisi kelas pada hari / tanggal yang sesuai.

demikian yang bisa aq sampaikan. semoga bermanfaat yaaa…

untuk gambar2 segera menyusul, karena belom sempat foto-fotoin c.. he3…

yiuuuk qta tukar ide kalau ada kurang lebihnya tulisan aq ini…

–INDAHBEGITUINDAH–

About these ads

57 Tanggapan so far »

  1. 1

    Anisa berkata,

    terimakasih atas infonya, sangat membantu tugas kuliah saya :)

  2. 4

    Enggar berkata,

    Makasih mbak. . ini bermanfaat buat mama saya :D
    follow twit saya @EnggarJC :)

  3. 6

    KUSNUL CHOTIMAH berkata,

    BERI CONTOH RKH KAMU

  4. 10

    rita yuliati berkata,

    mbak bisakah membantu membuat skh dengan tema lingkungan dan sub tema rumahku. saya ingin belajar.indikatornya apa saja. mohon di emailkan di ryuliati42@yahoo.com

  5. 11

    Tama Simamora berkata,

    slmat siang mbak.slm knl nma saya Tama,sya binggung,mbak bisa tolong sya membuat RKH semester 1 dan semester 2 dlm bhsa inggris utk TK A n TK B serta bagaimana mengajar n membuat pr bahasa inggris TK A dan TK B yang benar n menyenangkan karena sya benar2 pemula.Maaf sebelumnya mbak.Makasih ya mbak

  6. 13

    heny berkata,

    bu indah bisa minta contact personnya ga ? saya kebetulan baru membuka paud di gedangan. saya tertarik untuk berdiskusi lebih lanjut, jika berkenan tlg email saya di heny093@yahoo.com. thx

  7. 15

    anita berkata,

    apa landasanmu menulis tiap tema?

  8. 17

    lilik berkata,

    bun, aq mw tanya program kegiatan di paud itu sama di rkh ta

  9. 19

    dewi ajah berkata,

    lbu indah…saya minta contoh rkm untuk tk donk,sy br mo ngajar jd msh bimgung nyusun rkm neh.saya dewi dr lpgtk tadika puri crb.tlg email k momo_chan2302@yahoo.com.mksh

  10. 21

    laila berkata,

    thanks mbak indah..jadi ketolong nih mw buat laporannya.

  11. 23

    EVA MARLIANA berkata,

    saya eva , baru mengajar di PAUD jadi kebingungan menyusun RKM dan RKH, Indahbegituindah berkata bisa kasih gak contoh RKM dan RKH nya

  12. 25

    riska berkata,

    sya binggung gimana caranya buat spiderweb,karena setiap saya masukan tulisannya , pasti tidak mau rapi kolomnya

  13. 27

    Ribhet Bee berkata,

    tema rekreasi, cara media yg mudah di buat apa yah ??/ please..

  14. 29

    gulali_paud berkata,

    Bun, ada cth RKH yang pake metode sosiodrama dgn tema pekerjaanku ga? share donk, bisa ga? soalnya yg ada pda umumnya cm ttg role play aja. makasih^__^

  15. 31

    Dhiya zein berkata,

    Met malam mbak,aq Dhiya Zein.aq mau tnya bgamana cra menentkan kegiatan sedang bhan yg kt pny tbtas.mksh q tggu jwabanya

    • 32

      indahbegituindah berkata,

      metz malem juaj.. :D ada banyak cara n metode yg mudah untuk diterapin sizt.. tergantung dengan apa materi yang akan disampaikan hari itu.. banyak2 baca n cari2 referensi ajha di berbagai media..

  16. 33

    Dian berkata,

    Hewan halal qurban,untuk tema semester brp y???

  17. 35

    Qolbi berkata,

    terima kasih ilmunya , begitu membuka pikiran saya untuk menuju ide2 berikutnya …………… salam silaturahmi ^_^

  18. 37

    alfu l berkata,

    makasih banyak y mb’,, ilmunya sudah bermanfaat bngt buat saya,, saya mw buat indikator2 tema di atas dengan bunyi TPP “menyelesaikan masakah sederhana dlm kehidupan sehari-hari”, pusing bngt mb’,,,

  19. 39

    Arsinah berkata,

    Arsinah
    Mba… mau tanya donk… bolech ya……
    kalau membuat RKH dengan proses pembeljrn sentra gimana mba..
    saya blm ngerti gimana cr mmbuat x… mohon penjelasan x ya mba…

  20. 42

    sunawi berkata,

    indah begitu indah boleh nggak minta contoh proposal kum untuk pkbm. saya ramadini dari bengkulu

  21. 44

    ramadini berkata,

    begitu indah

  22. 46

    iin berkata,

    TEH INDAH NI SAMA IIN. MO TANYA KALO KARAKTER TK APA SAJA YA”? KEBETULAN GAK AD CAKUPAN YG PASTI DARI KEPSEK TK SAYA.

  23. 48

    salam kenal,mohon kirimi saya RKH yang menggunakan sentra ,bun.

  24. 49

    LINA berkata,

    bunda indah
    mksh bgt y udah mau berbagi ilmu.a smga bermanfaat bagi pemula seprti sya…amien.

  25. 51

    Riza Miayunda berkata,

    bunda makasi infonya sangat membantu :D kpn2 posting lagi ya tentang PAUD supaya qta bnyk dpt ilmu :)

  26. 53

    Kiki Manyun berkata,

    salam kenal tolong kirimkan saya RKH yang menggunakan sentra bahan alam dan sentra seni dengan tema rekreasi. makasih

  27. 55

    Bunda Eliya berkata,

    Trima kasih untuk ilmu_nya mbk Indah.., Sangat bermanfaat…*_*

  28. 57

    shella resty fauziah berkata,

    siiiiipppppppp dech


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: