Posts tagged tips

TEMA DALAM SETAHUN UNTUK PAUD & TK

disini akan aq tuliskan tema yang aq gunakan dalam setahun kegiatan belajar mengajar di PAUD pada bidang pengembangan usia TK…

SEMESTER 1

  1. Diri Sendiri (3minggu). Sub tema : identitasku, anggota tubuh, panca indra
  2. Lingkunganku (4minggu). Sub tema : rumahku, bagian rumahku, sekolahku
  3. Kebutuhanku (4minggu). Sub tema : makanan/minuman,pakaian, kebersihan
  4. Binatang (3minggu). Sub tema : jenis binatang, cara hidup binatang, ciri binatang
  5. Tanaman (3minggu). Sub tema : macam tanaman, cara menanam dan merawat tanaman, bagian tanaman

SEMESTER 2

  1. Rekreasi (4minggu). Sub-tema : kendaraan di darat, kendaraan di udara, kendaraan di laut
  2. Pekerjaan (3minggu). Sub tema : pekerjaan orang tuaku, pekerjaan di lingkungan rumahku, pekerjaan di kotaku
  3. Air Udara Api (2minggu). Sub tema : air, udara dan api
  4. Alat Komunikasi (2minggu). Sub tema : alat komunikasi elektronik, alat komunikasi non elektronik
  5. Tanah Air (2minggu). Sub tema : kota tempat tinggaku, makanan khas kotaku
  6. Alam Semesta (3minggu). Sub tema : benda langit, musim di Indonesia, gejala alam

demikian sedikit gambaran yang bza aq sampaikan.

adapun pengembangan / perluasannya bisa dituangkan dalam aktivitas yang dilakukan dalam setiap harinya.

 

TIPS :

cara yang paling mudah agar kita tidak kebingungan membuat kegiatan setiap harinya di sekolah, lakukan langkah2 berikut :

1. dari tema yang ada qta bisa menentukan sub-tema. sub-tema ini biasax aquw buat berbeda setiap minggu.

2. berbekal dari indikator yang ada, mulai tentukan program kerja tahunan.biasanya disediakan 2bendel form, untuk semester I dan semester II. bisa juga diisi setiap sebelum semester baru dimulai.

3. mengerjakan program semester. kali ini biasanya aquw memberikan tanda2 cawang pada setiap indikator yang akan diambil sesuai dengan tema dan akan ditempatkan pada minggu ke-berapa pada form sudah tersedia. dilakukan setiap semester. sebelum semester baru dimulai, harus sudah terprogram

4. mengerjakan Rencana Kegiatan Mingguan (RKM/SKM). naaaah, hal ini semakin mempermudah kita untuk mengetahui atau menentukan kegiatan2 yang nantinya akan dilakukan. agar tidak lagi bersusah2 untuk mencari bahan karena waktu mepet atau kelupaan. RKM yang biasa digunakan adalah berbentuk spider web. tetapi sebenarnya tidak hanya itu saja bentuknya. kalau aq menggunakan bentuk kolom-kolom dan diberi kegiatan sesuai dengan bidang pengembangan dan haripenyampaian materi.

5. membuat Rencana Kegiatan Harian (RKH/SKH). menurut aq, mempersiapkan RKH ini akan sangat mudah apabila kita sudah mengerjakan step-step sebelumnya. hanya tinggal menyalin saja, dan dipersiapkan dengan sungguh-sungguhmateri yang akan disampaikan setiap harinya. untuk indikator dan kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya, bisa dibuat lebih dahulu. hanya untuk evalusi yang harus diisi sesuai dengan kondisi kelas pada hari / tanggal yang sesuai.

demikian yang bisa aq sampaikan. semoga bermanfaat yaaa…

untuk gambar2 segera menyusul, karena belom sempat foto-fotoin c.. he3…

yiuuuk qta tukar ide kalau ada kurang lebihnya tulisan aq ini…

–INDAHBEGITUINDAH–

Comments (57) »

TIPS TENTANG TEMAN YANG PANTAS “DITENDANG”

hohoho… terlihat sadis banget yaw judulnya… eiiits… tapi jangan salah mengerti dulu… coba baca sedikit yang indah tulis ini yaaa… :)

hmmm… teman… ya, teman bisa saji menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi kita. disaat kita butuhkan, disaat kita sendirian, disaat kita besdedih, disaat kita menangis, disaat kita ingin curhat, disaat apapun seringkali kita membutuhkan teman. eiiiitz, nie koq malah jadinya teman itu seperti “tong sampah” yaaa…???? bukan bseperti itu maksudnya. tentu ajha kalau kita menginginkan teman sebaik itu, diri kita sendiri pun harus bisa melakukan hal yang sama untuk mereka. ;)

naaaah… indah mow coba tulis nie macam-macam teman yang gagz baik juja bwat dipertahankan :

1. si peminjam (tetapi suka lupa mengembalikan).  nie c bukan karena perhitungan atas nilai dari barang itu lhoo yaa… klo sekali2 c ga masalah. tapi kalau sering-sering hayooo. sama ajha denga tidak bertanggung jawab khan.

2. si mulut ember (ga bisa menjaga rahasia). bisa dibayangkan kalau niat kita menumpahkan segala rasa untuk melegakan hati dan fikiran malah jadinya seantero dunia jadi tau (xixixixi, terlalu lebay nuiy perumapaannya). jadinya khan bukannya makin lega tapi makin emoso dan stress. lama2 bisa jadi darah tinggi.

3. si pemakai topeng (mukanya bisa berubah-rubah). eiiitz, bukan berubah muka kayak power ranger lhoo ya. maksudnya dia terlihat baik sekali didepan kita, tapi dibelakang menusuk. fiuuuh pasti sakit sekali. karena mempercayai seseorang itu bukanlah hal yang mudah.

4. si ingkar janji (kadang suka jam karet). jleeeebbb… sungguh merasa aquw tersindir ini ada jam karetnya , tapi bukan berarti aquw bukan temen yg baik lhoo yaaa *hehehehe… membela diri mode on*. tapi kadang suka ga enak khan kalau qta udah siap-siap, dan in the last minute si dia cancel acarax.

5. si tukang bohong (melakukan apapun untuk memperoleh yang diinginkan). whuaa, pasti pada ga suka dan ga rela dong kalo di boongin. apalagi sampai ketauan kita bohongnya.

6. si berlimpah masala (dan selalu saja mengeluh). nah, bukan berarti kita harus menjauhi teman-teman yang bermasalah lhoo ya. tapi setidaknya ya kita fikir lagi dech. mungkin sesekali bisa kita dengar curhatnya. tapi kalau dia selalu bermasalah, bagaimana bisa have fun atau mungkin kita ingin bercerita? jadi cukup menjadi teman biasa saja.

7. si imitasi (yang selalu meniru kita). hmmm… walau kita orang terkenal sekalipun, pasti ga bakalan nyaman kalau menemui bahkan dekat dengan orang yang istilahnya “diri kita banget”. bahkan mungkin melebih-lebihkan.

yaaaa…. begitulah sedikit yang bisa indah tulis. jadi intinya… memilih atau menjadi teman baik, sebaiknya adalah melalui hati yang tulus. mau saling mengerti, peduli, dan yang pasti harus mau saling mendengarkan. dijamin dech kalau bisa seperti itu akan memiliki teman baik yang aweeeeeet… :D

seperti kata pepatah : “apa yang ditanam, itulah yang akan dipanen nantinya“. jadiiiiiiiiiiiiiiiiiiii, jangan ragu untuk berbuat baik terhadap teman-teman kita…

contohnya : traktir indah ez krim hehehehe… just kidding…

semoga bermanfaat… ^o^

–INDAHBEGITUINDAH–

Comments (2) »

SENYUM :)


hal yang paling mudah dilakukan, tanpa membayar, tentunya dapat memberikan semangat dan mengubah suasana hati adalah SENYUM… (walaw sekarang sudah banyak orang yang kadang lupa untuk tersenyum hehe)… nie ada beberapa manfaat tersenyum menurut indah…

*setiap pagi yang dilakukan sesaat setelah membuka mata :

menarik bibir ke atas membentuk senyuman yang lebaaaar, tahan setidaknya 10detik. kemudian bersyukur atas semua nikmat yang telah diperoleh selama nie. hmmm… nie akan memberikan energi positif dalam mengawali hari.

*disaat sedang bergembira :

menarik bibir ke atas membentuk senyuman bahkan tertawa lepas pun boleeeh, tapi lihat-lihat dulu sikon dan tempatnya lhoo yaaaaa… ;) .  nie terbukti akan membuat peraaan makin meluap dan kebahagiaan pun bertambah. hepi hepi hepi…

*disaat bersedih bahkan menangis sekalipun :

menarik bibir ke atas membentuk senyuman, tahan setidaknya 10detik. kemudian berkaca dan berbicara dengan diri sendiri (lakukan tanya jawab) kemudian ucapkan kata2 yang positif. nie ampuh sekali untuk melegakan hati yang sedang gundah maupun kesal.

*disaat melihat orang lain atau orang di sekitar qta yang sedang bersedih ataupun marah :

menarik bibir ke atas membentuk senyuman, yaaa sebentar saja boleh. karena dengan begitu, bagi yang bersedih akan merasa dikuatkan hatinya dan bagi yang sedang kesal ataupun marah akan sedikit adem hatinya. tentu di saat seperti ini lebih baik qta mau banyak menyediakan waktu untuk mendengarkan, dan siapkan juja beberapa kata bijak.

*dilakukan kepada siapa saja :

menarik bibir ke atas membentuk senyuman. gagz perlu ragu untuk tersenyum walaw kepada orang yang tak dikenal atau berpapasan sekalipun (apalagi klo udah kenal jangan ragu untuk tersenyum). nie walaupun mungkin aneh, tapi bza menyenangkan hati juja.

yaaaa… begitulah kira-kira…

pasti pernah juja mendengar bahwa “tersenyum dengan tulus merupakan ibadah lhoo” atau “banyak tersenyum bza membuat awet muda” (hehehe kalau yang ini c menurut pendapatku sendiri). asalkan tidak tersenyum disaat sendirian (itu mungkin yang dinamakan agak gagz normal hehehe…).

tapi yang pasti, percaya dech bahwa sedikit saja tersenyum bza memberika arti yang sangat besar dan memberikan energi positif untuk hati dan fikiran…

merupakan motivasi… teteup semangat…!!!

–INDAHBEGITUINDAH–

Comments (8) »

KATA BIJAK (DARI BAPAK)

BAPAK slalu bilang,

“dunia terus berputar, waktu nggak akan bisa diputar kembali. Gunakan semaksimal mungkin. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.”

Dan slalu berkata juga,

“Bukan laksanakan sholat, tapi dirikanlah solat. Kuncinya adalah disiplin. Dengan disiplin, bekerjakeras, dan berdoa INSYAALLAH kesuksesan ada di tanganmu.”

nie kata bijak yang selalu beliau katakan pada saat memberiku motivasi… beliau selalu menjadi inspirasi dan panutan yang paling hebat buat aku…

Luph u vmuch, myLuphly babeh… :)

–INDAHBEGITUINDAH–

Comments (3) »

KANKER LEHER RAHIM (SERVIKS)

Penyakit lain yang sangat meresahkan kaum perempuan adalah Kanker jenis ini.

Kanker Serviks adalah kanker yang terjadi pada daerah ujung bawah rahim yang terletak di sebelah atas vagina. Disebabkan oleh infeksi menahun HPV (Human Papilloma Virus).

Kanker jenis ini tidak menunjukkan gejala apapun.

Pap test biasanya dilakukan setahun sekali pada wanita yang telah menikah.

Adapun cara untuk mendeteksi sejak dininya adalah dengan melakukan prosedur deteksi dini (skrining) yang biasa di sebut dengan pap test..

Namun untuk melakukan pemeriksaan ini haruslah di tempat yang tepat, yakni di tempat yang menggunakan tata cara pemeriksaan dengan kualitas dan akurasi yang benar2 terukur, serta dapat memberikan solusi terbaik bila ditemukan adanya kelainan.

Sedangkan bagi kita yang belum menikah, dapat melakukan berbagai pencegahan terhadap Kanker Serviks dengan cara:

  1. Melakukan vaksinasi dengan Vaksin HPV
  2. Pola hidup seksual yang sehat
  3. Tidak merokok
  4. Diet dan pola hidup sehat
  5. perbanyak makan sayur dan buah serta olahraga yang teratur

Untuk vaksin sendiri dapat dilakukan pada wanita berusia 9-26th (proteksi 100%), dan wanita di atas 26th (tergantung pada besarnya paparan HPV yang telah terjadi.

semoga bermanfaat…

–INDAHBEGITUINDAH–

Leave a comment »

LAKI-LAKI SEJATI

Aku bertanya pada Bunda, bagaimana memilih Lelaki Sejati ?

Bunda menjawab,

 

Nak……….

Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari bahunya yang kekar,

Tetapi dari kasih sayangnya pada orang disekitarnya

Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari suaranya yang lantang,

Tetapi dari kelembutannya mengatakan kebenaran

Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari jumlah sahabat di sekitarnya,

Tetapi dari sikap bersahabatnya pada generasi muda bangsa

Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari bagaimana dia dihormati ditempat bekerja,

Tetapi dari bagaimana dia dihormati di dalam rumah

Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari kerasnya pukulan,

Tetapi dari sikap bijaknya memahami persoalan

Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari dadanya yang bidang,

Tetapi dari hati yang ada dibalik itu

Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari banyaknya wanita yg memuja,

Tetapi komitmennya terhadap wanita yang dicintainya

Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari barbel yang dibebankan,

Tetapi dari tabahnya dia menghadapi lika-liku kehidupan

Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari kerasnya membaca kitab suci,

Tetapi dari konsistennya dia menjalankan apa yang ia baca

Untuk Pria, sudahkah anda menjadi laki-laki sejati?Buat para wanita, sudahkah anda  menemukan laki-laki sejati?

(sebuah bacaan yang penuh inspirasi)

Comments (4) »

RAHASIA KEBERHASILAN ORANG JEPANG


keberhasilan orang-orang Jepang sudah tidak diragukan lagi. banyak penemuan-penemuan dan inovasi baru yang mereka ciptakan. kreativitas dan ide-idenya pun seolah tidak pernah ada habisnya….

ORANG JEPANG BISA LEBIH CEPAT MAJU, MENGAPA…???

ternyataaaa… karena mereka menerapkan BUDAYA 5S. apakah gerangan ituuuu…???

  1. SEIRI, artinya rapi
  2. SEITON, artinya meletakkan sesuatu pada tempatnya, sehingga mudah dicari kembali jika diperlukan
  3. SEISO, artinya tempat kerja harus bersih
  4. SEIKETSU, artinya men- standarisasi kebersihan
  5. SHITSUKE, artinya disiplin dan berarti juga komitmen

demikianlah salah satu kunci sukses mereka. ayow kita tiru yang baik-baik. semoga bermanfaat…

–INDAHBEGITUINDAH–

Leave a comment »

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.