10 PENYAKIT GURU

hmmm… jadi inget mata kuliah PAK AMRON (strategi belajar-mengajar)…

di pertemuan pertama beliau menerangkan tentang 10 penyakit guru yang harus dibuang jauh-jauh klo memang ingin jadi guru yang profesional dan dirindukan oleh murid-muridnya…πŸ™‚

sekilas koq sepertinya serem banget guru koq penyakitan. tapi jangan salah kira yaaaaa… kalau memang niat tulus bakalan bisa koq terhindar dari penyakit2 yang mengerikan ituw…πŸ˜‰

demikian akan indah tuliskan poin-poin dan penjelasannya…

  1. MUAL, yaitu MUtu Amat Lemah. maksudnya disini, agar dapat menjadi guru yang berkualitas alangkah baiknya apabila guru itu tak hanya mau mengajar tetapi juga mau belajar.
  2. ASMA, yaitu ASal MAsuk kelas. jangan sampai masuk kelas tetapi tidak menguasai materi yang akan disampaikan sehingga tidak bisa menjawab pertanyaan dari murid.
  3. KUSTA, yaitu KUrang STrategi, miskin metodA. hendaknya banyak mencari cara-cara baru dalam menyampaikan materi atau diselingi dengan permainan yang sesuai tema untuk menghilangkan jenuh.
  4. KUDIS, yaitu KUrang DISiplin. yaaaaaa, inilah yang sangat sulit dilakukan. tepai dengan pembiasaan dan kesadaran akan dapat dengan mudah dilakukan. TEPAT WAKTU…!
  5. TBC, yaitu Tidak Bisa Computer. hmmmm, hari giniiii… jangan sampai guru kalah dengan uridnya. tidk harus menguasai hingga detil, tepapi yang penting tahu bagaimana cara mengoperasikan dan memanfaatkan fasilitas dan teknologi yang ada (up to date).
  6. KRAM, yaitu Kurang teRAMpil. hal ini dapat diatasi dengan cara banyak melatih diri.
  7. ASAM URAT, yaitu Asal SAmpaikan Materi Urutan kuRang akurAT. sebaiknya sebelum menyampaikan materi, qta sudah tau apa yang akan disampaikan dan jangan lupakan alurnya. mengajar dengan sistematis dan tidak loncat-loncat, karena hal demikian akan membuat murid mejjadi ingung.
  8. GINJAL, artinya GajInyal Nihil Jarang Aktif dan Lambat. jangan karena honor yang sedikit atau terkadang terlambat lantas membuat qta menjadi malas (atau bahasa jawanya aras-arasen). lakukan denganΒ  senang hati dan ikhlas. karena rejeki takkan kemana.
  9. DIARE, yaitu DI kelas Anak-anak DirEmehkan. yaaaaaa, tidak selalu guru itu lebih pintar daripada muridnya. ada kalanya qta memposisikan murid sebagai partner. sehingga qta juga bisa mendapat pemikiran atau pengetahuan lebih banyak lagi dari mereka.
  10. SEMBELIT, yaitu Sulit mEMbaca LITeratur. malas membaca adalah penyakit akut yang benar-benat harus diwaspadai. karena banyak sekali pengetahuan yang dapat kita peroleh dengan cara membaca. bila membaca saja sudah tak suka, bagaimana mau memiliki kemampuan dan pengetahuan lebih…???

bagaimana…??? penyakitnya memang menyeramkan khaaan…??? semoga qta tidak terjangkit yang demikian. paling tidak, qta bisa menerapkannya pada diri sendiri. karena yang paling dekat adalah qta bisa menjadi guru untuk diri sendiri…πŸ™‚

mengajar dan mentransferkan ilmu hendaknya dengan hati yang ikhlas dan tanpa pamrih. khan tak selalu segala sesuatu dapat diukur dengan materi. kepuasan hati yang diutamakan…

yaaaa… sengaja indah tulis untuk sekedar mengingatkan diri sendiri ajha. dan menambah pengetahuan juja. semoga bermanfaat…

–INDAHBEGITUINDAH–

6 Tanggapan so far »

  1. 1

    Conan said,

    Kayaknya yg susah tuh yg no 4 deh…πŸ˜€
    tp harus ttp belajar yah..πŸ˜‰

  2. 3

    menarik sekali bu indah …
    izin copas y ?

    salam hangat

  3. 5

    anityotanti said,

    Wah,seneng bgt nemu blog ini..salam kenal ya mbakπŸ™‚


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: