TSUNAMI MELANDA JEPANG

whuaaaa… sempat kaget juja nuiy mendengar kabar kalau tsunami melanda jepang dengan kekuatan yang lebih dahsyat (8,9SR) di bagian timur laut pada 11 maret lalu. gelombangnya mencapai ketinggian 6meter. sungguh tak terbayangkan. kabarnya, gelombang tsunami pun akan melanda beberapa kawasan dan negara lain.

jadi teringat kembali tragedi tsunami yang melanda aceh di akhir tahun 2004. gelombang dengan kekuatan 8,7SR dengan ketinggian mencapai 30m ini emnyapu hampir sebagian wilayah aceh hingga akhirnya diperlukan waktu lumayan lama untuk memulihkanx.

penyebab tsunami sendiri merupakan dampak gempa ternyata jauh di dasar laut, sehingga seperti dayung raksasa bawah air yang menciptakan tsunami sangat besar.

menurut badan geologi, yang menyebabkan tsunami adalah dapat berasal dari tiga sumber, yaitu gempa, letusan gunung api, dan longsoran yang terjadi di dasar laut. Menurut dia, dari ketiga penyebab timbulnya tsunami itu, gempa merupakan penyebab utama. Besar atau kecilnya gelombang tsunami sangat ditentukan oleh karakteristik gempa yang menyebabkannya. Gempa-gempa yang paling mungkin dapat menimbulkan tsunami adalah gempa yang terjadi di dasar laut.

yaaaa… saat ini alam sedang tidak bersahabat rupanya. cuaca pun semakin tak menentu. banyak terjadi bencana dimana-mana.

mungkin nie salah satu pertanda ya. secanggih apapun ciptaan manusia takkan mampu melawan apa yang sudah menjadi kehendak-NYA…

inilah saatnya manusia untuk segera instropeksi diri… 🙂

–INDAHBEGITUINDAH–

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: