SKRIPZI DAN CD PERJUANGAN

skripziquw oh skripziquw...

kuliah… oh kuliah… (review kenangan 2010)

7 tahun masa penantianquw hanya ditentukan oleh sebuah buku dan sekeping CD ini… yaw… 6 semezter lamanya untuk bikin 2 benda imut nie…

yaw yaw… usaha untuk bikin nama menjadi lebih panjang berhasil juja…

INDAH WAHYUNI, S.Si

perjuangannya pun tak tanggung-tanggung…

===doa, harapan, dukungan dan setiap tetes air mata orangtua-quw tersayang===

yaaa… tidak bisa dipungkiri bahwa ini adalah harta dan pengorbanan yang tak terbatas dan ternilai… ibu, bapak… maafkan iin sudah membuat kalian menunggu terlalu  lama… tapi iin janji… ini adalah awal dari kesuksesan iin dan langkah awal dalam membanggakan dan membahagiakan kalian… iin sayang sama ibu dan bapak…

===Pak Leman —> Pak Fuad===

yaw yaw… mulai dari gonta-ganti judul untuk skripzi… hingga akhirnya dapat juja jurnal yang judulnya “CONVERGENT SEQUENTIALLY DECREASING SUBSETS”… pertama2 c paz dilihat sepertinya mudah, hanya bahas 3 teorema dan 2 lemma… cihhuiy… tapi ternyata eh ternyata, dperjalanan tuw buanyaaaak bgtz ilmu pendukungnya… whuaaa…

hingga akhirnya Pak Leman harus lanjutin kuliah S3 di malaysia… hohoho… panik itu pazti… paz di sidangkan, akhirnya diputusin kalau Dosen Pembimbing Skripzi-quw dialihkan ke Pak Fuad… Voilaaaa… akhirnya daku kembali ke cita2 semula sejak awal kuliah (pengen bgtz skripzi dibimbing Pak Fu)…

===mengejar sampai luar kota===

ternyata yang aquw angkat jadi skripzi nie macie merupakan hal baru yang belum banyak dibahas, secara otomatiz yaaa gagz cmua orang bza… binun mencari kesana kemari orang yang bisa mengerjakannya. hingga mencari “joki” dilakukan (walaw akhirnya gag da “joki” yang mampu nggarapin).

udah berkeliling menjelajah cari di jogja, bandung, malang, surabaya…

suatu hari, berkat info dari teman dan dosen, dapatlah sebuah nama… Maz Mahfudz namanya. kakak kelas yang jadi dosen di kalimantan. ternyata lagie lanjutin kuliah S2 di ITB. beruntung, paz aquw tlp dia lagi liburan di rumahnya, mojokerto. jadilaaaah… bimbingan 2 minggu ditempuh ke mojokerto… wiiih… sangaaaar… mulai naek sepedamotor sampai naek angkot dijalanin… sayangnya gag ampe tuntas… cz dia harus segera kembali ke bandung… tapi makacie yuaaa… dah dapat pencerahan…

dari info yang kuperoleh dari maz gaguk, aq juja pernah mencoba minta bantuan kepada maz jaelani, kakak kelas di math unesa juja yang menjadi dosen di universitas swasta. tapi belum mendapat pencerahan karena harus melanjutkan kuliah di malaysia juja…

===mengejar Pak Fuad===

nungguin dari jam stengah 6 pagi ampe magrib, nyegat di skul anaknya, bolak-balik muterin kampuz, nyamperin kemanapun yang ada kemungkinan untuk bza ktemu… sampai sms berkali2pun dilakukan… whuaaaa… pokokx bner2 dech jadi pejuang tangguh n detektif… hehehehe…

===bolak-balik masuk perpustakaan UNESA dan ITS===

walaw gag ngerti haruz napain, teteup ajha dilakuin. baca-baca dan cari bahan… rajin ke toko buku… yang selalu ngeluangin waktu bwat nungguin n nganter kmanapun adalah Sanjung (tengkyuw, my brader…😀 )

===pertolongan tak terduga di detik-detik terakhir===

bisa dikatakan, di saat aquw benar2 pasrah dan menyerah… hanya ada 1 hasil akhir yang aquw harus terima… KELUAR DARI MATH UNESA… dan pilihannya hanya ada 2… 1. lulus dengan memperoleh gelar sarjana, 2. Drop Out alias D.O

suatu hari aquw bersimpuh dan memohon pada Allah,

“Ya Allah, hamba pasrah dan menyerah. tak sanggup menyelesaikan semua ini. apabila memang ada jalan, tolong tunjukkanlah. hamba berpasrah. hanya kedua orang tua hamba yang terbayang… tak inin menyia2kan semua pengorbanan dan melihat mereka kecewa dan kecewa lagi… hamba berserah, apapun jalan yang Kau tunjukkan aquw anggap itu adalah jalan yang terbaik yang Kau berikan. aku menerima apapun itu… amin…”

disaat keputus-asaan itulah, tiba2 ada dosen dan beberapa teman memberitahu (lagi) tentang sebuah nama… HAMID… ah, lagi2 aquw bimbang, dia khan yang dulu pernah bantu, tapi jutek banget. tapi tekad sudah bulat, hanya terlintas fikiran, aquw akan menghubunginya dahulu. walaw kata temen2 dia ud kerja di luar kota, aku pasti akan tempuh asalkan bisa menyelesaikanx…

jrengg… jreennggg…. ternyata eh ternyata… setelah menunggu seharian, muncul juja balasan smsquw… tak jauh2… di ketintang… pertemuan pertama 2hari setelanya, yaaaa… intensiflah mengerjakan skripzi sekitar 1 bulan-an dengan pembahasan setiap minggu… pertemuan terakhir, pembahasan sudah tuntas tinggal diajukan ke DPA… paz juja dia diterima kerja… dan selang seminggu kemudian di tempat kerjanya yang baru, mengaruskan diklat ke bogor… sudah memperoleh pencerahan dan bahan2 siap diajukan cmua… makacie yua…

===masa revisi menuju ujian skripzi===

hampir sebulan rajin ngampuz… senin-sabtu… pagi buta ampe zore…

tadaaaa… jadilah haruz memulai perjuangan sendiri lagi menghadapi revisi u/ mengajukan ujian skripzi… hampir 1 bulan kemuadian jadilah skripziquw… diajukan dan daftar ujian…

ternyata pengujinya adalah Bu Manuharawati dan Bu Dwi Juniati… beliau berdua adalah doktor-doktor yang ahli di bidangnya… dagdigdug dan gentar dalam hati…  semoga lancar cmua…🙂

===ujian dimulain, Rabu, 20 & 27 Juli 2010, Kamis, 28 Juli 2010===

sehari sebelumnya…

mungkin mood dari salah satu dosen penguji lg buruk…  dan… hari nie ternyata skripziquw dipermasalahkan… karena tak ada yang merasa telah menerima uji kelayakan untuk draft skripzi (waduh, jaman apa ngajuinx juja udah lupa aquw)… untungnya si ibu jadi baik hati lagi setelah aquw minta maaf n memohon2… bzok teteup ujian…🙂

hari H…

ujian jam 1 siang… ibu, anis dan serombongan (aseli banyak bgtz yang nungguin aquw ujian… tengkyuw allz…). paraaaaaaah… karena saking groginya, buyar semua yang ada di kepala… tak ada 1 pun pertanyaan yang berhasil aquw jawab… blank gtuw… untungnya… ke-3 dosenquw sayang mau memberika ujian ulang.. tepat rabu depan…

Rabu, 27 Juli 2010…

janjian ujian jam 9… ternyata yang bisa hadir adalah Pak Fuad dan Bu Manu… ujian berlangsung dengan lancar bgtz (alhamdulillah..). bahkan seakan tak percaya aquw bza mengerjakan n menerangkan cmua yang dtanyakan. 1jam berlalu. setelah mereka keluar ruangan, aquw hanya memandang keheranan ke arah papan tulis. bagaimana bisa aquw menuliskan hal yang selama ini tak bisa aku kerjakan… (tengkyuw, Ya Allah..)

eiiitz… tapi jangan salah… belum berakhir ceritanya…

karena Bu Juni tidak dapat hadir, terjadilah lagi kesalahpahaman… antara pembimbing, penguji, dan jurusan… whuaaaaaa… kesalahpahaman yang bikin aquw bner2 pengen nangis… sampai akhirnya bu Juni menyatakan bahwa tidak bisa dan tidak mau menguji aku. setelah aquw menunggu hingga sore, minta maaf dan memohon2, akhirnya bu Juni pun mau menguji besok pagi (mungkin kaciyan juja yaw lihat mukaku saat itu melas bgtz…)

keesokan harinya…

alhamdulillah ujian lancar jaya… sekitar 1 jam akhirnya legaaaaaaaa…

akhirnya aquw dinyatakan lulus… tinggal menunggu ajha nilainya keluar…🙂

benar2 diberi kelancaran dan kemudahan…

===revisi pasca ujian skripzi===

dengan penuh semangat dikerjain… bolak-balik-bolak-balik macie ada ajha yang kurang…  dalam waktu hampir sebulan cmuanya berez… tapi sayang, aquw gag isa ikut yudisium jurusan… karena terlambat mendaftar… tapi tak apalah… yang penting skrizi udah bisa di jilid dan bza ikut wisuda…😀

===nangis mercon dan hampir putus asa===

yaaaa… pastilah tak bisa dipungkiri, rasa putus asa, sedih, kecewa, takut mengecewakan, bimbang, ampe nangis mercon udah pernah aquw alamin… karena yang terbayang selalu adalah kedua orang tuaquw…

===special thanks to IKA RAKHMAWATI===

mu super duper bezt friend yang selalu bersedia melakukan apapun n meyediakan apapun bwat aquw… semangat n cmuamuanya… tengkyuw yuaaa ka… u r the bezt i ever had ka… (sejak kita pertama ketemu, sekarang, n cmoga selamanya… luv u somuch)

===sahabat dan cmua yang mendukung n memberi semangat selalu===

sanjung, hendy, ira, wulan, maz asrul, afif, ninok, maz gaguk, dhina, pak lardi & pak kurmat, temen-temen flexter, temen2 di Tapak Suci Unesa, kakak kelas & adik kelas math Unesa, cmua-muanya yang telah mendukung hingga aquw bza menyelesaikannya di waktu yang ud limit…

alhamdulillah banyak temen dan dosen yang care… yang selalu setia memberikan informasi, mendukung, memberi motivasi, rajin obrak-obrak, bantuin buat cari bahan, nemenin ngerjain dan buanyaaaaaak bgtz dech yang sudah mendukung hingga akhirnya aq bisa selesaikan cmuanya…

—–>satu yang pasti… aquw percaya bahwa doa dari ibu dan bapak adalah yang paling manjur… aquw yakin karena merekalah aquw bza melalui cmua ini dengan sangat lancar… walaw proses yang aquw lalui sangatlah lama… sungguh aquw tak bisa membalas kebaikan hati kalian… aquw akan selalu berusaha menjadi manusia yang lebih baik dan membanggakan…

—–>pelajaran berharga yang bza kupetik… tidak lagi menyia2kan waktu. sudah cukuplah saat untuk bersenang2.. kini tiba waktunya untuk memikirkan masa depan..

makacie makacie bgtz yaw buat cmuanyaaa…

makacie bgtz untuk cmua plajaran, hikmah dalam hidup ini, Ya Allah… sungguh cmua merupakan misteri buatku…

satu lagi nikmat dan kepuasan yang kuraih… terbayarkan sudaaah… saat wisuda 2 Oktober 2010…

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    qiyousen said,

    seperjuangan… gw juga mulai merasa hal yg sama… terutama dengan orang tua gw…..


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: